Surat Resign Pengunduran Diri Dengan Alasan Pekerjaan Impian Serta Contoh Formatnya



Saat Anda mengundurkan diri dari pekerjaan, penting untuk memberi tahu atasan Anda kepada surat pengunduran diri secara resmi. Entah Anda memberi alasan, atau tidak, terserah Anda. Anda bisa mengirim surat pengunduran diri sederhana sambil mengatakan bahwa Anda sedang pindah, atau biarkan atasan Anda tahu alasannya.
Berikut adalah contoh surat pengunduran diri untuk memberi tahu atasan Anda bahwa Anda akan pergi karena Anda ditawari pekerjaan impian dan Anda tidak dapat menolaknya.


Tips Menulis Surat Pengunduran Diri untuk Pekerjaan Mimpi
    
Berikan dua minggu pemberitahuan. Jika memungkinkan, beri majikan Anda pemberitahuan standar dua minggu, atau lebih lama. Jika itu tidak mungkin, beri majikan sebanyak mungkin yang Anda bisa. Ini akan membantu Anda menjaga hubungan baik dengan mantan atasan Anda.
    
Gunakan format surat bisnis. Gunakan format surat bisnis formal saat menulis surat Anda. Jika waktu adalah hakikatnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengirim email pengunduran diri alih-alih sebuah surat.
    
Nyatakan tanggalnya. Dalam surat tersebut, sertakan tanggal Anda berencana untuk meninggalkan perusahaan. Ini akan memberi majikan Anda gambaran yang jelas tentang garis waktu Anda.
    
Jangan pergi ke rincian. Anda mungkin memilih untuk menyebutkan bahwa Anda hanya pergi karena Anda menemukan kesempatan kerja yang ideal. Namun, jangan merasa perlu untuk detail. Jaga suratmu singkat.
    
Ucapkan terima kasih. Ini adalah kesempatan bagus untuk bersyukur atas waktu Anda bekerja di perusahaan. Tekankan bahwa Anda hanya pergi karena posisi baru ini sangat cocok, bukan karena Anda tidak puas dengan posisi Anda saat ini. Namun, jika Anda tidak puas dengan perusahaan, jangan mengeluh atau mengatakan sesuatu yang negatif dalam surat Anda. Anda ingin menjaga hubungan baik dengan atasan; Anda tidak pernah tahu kapan jalan Anda akan menyeberang lagi.

    
Tawarkan bantuan. Jika Anda dapat melakukannya, tawarkan untuk membantu perusahaan dalam masa transisi. Anda mungkin menawarkan untuk melatih karyawan baru, misalnya.
    
Ajukan pertanyaan. Ini juga merupakan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang kompensasi atau tunjangan, seperti di mana atau kapan Anda akan menerima gaji terakhir Anda. Anda harus mengirim surat ke atasan Anda dan ke kantor Sumber Daya Manusia. Sumber Daya Manusia akan bisa menjawab pertanyaan semacam ini.

    
Berikan informasi kontak. Sertakan alamat email non-perusahaan atau bentuk informasi kontak lain yang ingin Anda sertakan, sehingga atasan Anda bisa menghubungi Anda. Hal ini sangat penting jika Anda segera pergi.
    
Edit, edit, edit. Pastikan untuk benar-benar mengoreksi surat Anda untuk kesalahan ketik apapun. Ini adalah surat bisnis profesional, jadi pastikan itu dipoles.
Contoh Surat Pengunduran Diri - Tawaran Job Dream
NamamuAlamat AndaKota Anda, Negara Bagian, Kode PosNomor telepon AndaEmail mu
Tanggal
NamaJudulOrganisasiAlamatKota, Negara Bagian, Kode Pos
Dear Mr./Ms. Nama keluarga:
Saya menulis untuk memberitahu Anda tentang kepergian saya yang akan datang dari perusahaan. Saya berencana untuk berangkat pada awal bulan depan (1 Agustus). Baru-baru ini saya menerima kesempatan untuk memasuki lini pekerjaan impian saya. Meski saya sangat menikmati waktuku di sini, saya tidak bisa mengatakan tidak pada kesempatan ini, jadi saya harus terus maju.
Saya berharap bahwa ketidakhadiran saya tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam organisasi. Saya akan dengan senang hati membantu Anda dalam segala hal yang Anda perlukan untuk membantu saat mencari pengganti untuk mengisi posisi saya. Jangan ragu untuk menghubungi jika ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk Anda selama sisa waktu saya di sini, atau di masa depan.
Saya sangat menghargai pengertian anda. Saya telah belajar banyak selama masa jabatan saya di sini, dan Anda senang bekerja sama. Namun, sangat penting bagi saya bahwa saya melakukan pekerjaan ini saat saya masih memiliki kesempatan untuk melakukannya.
Terima kasih lagi atas kesempatan untuk bekerja sama dengan Anda. Saya berharap kita bisa tetap berhubungan sebagai rekan bisnis, dan saya berharap dapat mendengar tentang bagaimana perusahaan berkembang di masa depan.
Hormat kami,
Tanda Tangan Anda (hard copy letter)
Nama Anda

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya