Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?



Tidak ada jawaban benar atau salah atas pertanyaan seperti, "Keputusan apa yang paling sulit yang harus Anda buat dalam posisi Anda?" Atau "Pernahkah Anda membuat keputusan yang benar-benar sulit di tempat kerja?" Majikan mengajukan pertanyaan ini di tempat kerja dan / atau wawancara promosi hanya karena mereka ingin melihat itu, ketika Anda menghadapi keputusan atau situasi yang sulit, Anda dapat mengatasinya. Mereka juga ingin melihat keputusan seperti apa yang Anda anggap sulit.

Ini adalah pertanyaan wawancara perilaku yang dirancang untuk menemukan bagaimana Anda telah menyelesaikan situasi tertentu.

Logika di balik jenis pertanyaan ini adalah bagaimana Anda berperilaku di masa lalu adalah prediktor tentang apa yang akan Anda lakukan di masa depan.
Cara Terbaik Menanggapi Pertanyaan yang Sulit

Saat menjawab pertanyaan ini, berikan satu atau dua contoh nyata situasi sulit yang sebenarnya Anda hadapi saat bekerja. Kemudian diskusikan keputusan apa yang harus Anda buat untuk memperbaiki situasi. Beberapa keputusan paling menantang yang harus dilakukan oleh manajemen menengah dan manajemen senior termasuk:

    Memutuskan siapa yang harus berhenti jika PHK menjadi ekonomis
    Mengakhiri anggota tim yang bermaksud baik tetapi tidak kompeten
    Memutuskan siapa yang harus berpromosi saat memiliki beberapa kandidat hebat
    Memutuskan apakah Anda harus mengurangi manfaat yang digunakan karyawan untuk menerima (seperti bonus liburan) untuk membantu menstabilkan keuangan perusahaan.

Anda ingin tampil sebagai orang yang percaya diri dan mampu membuat keputusan besar dengan tenang dan rasional. Hindari contoh yang membuat Anda tampak bimbang atau tidak pasti.

Jaga agar jawaban Anda tetap positif ("Meskipun keputusan yang sulit untuk memberhentikan karyawan tertentu itu, saya melakukannya dengan cara yang sangat profesional, dan keputusan ini pada akhirnya menyebabkan peningkatan efisiensi dan produktivitas di seluruh departemen kami").

Apapun jawaban yang Anda berikan, spesifikkan. Itemize apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan bagaimana keputusan sulit Anda akhirnya menguntungkan tim Anda dan atasan Anda.

Cara terbaik untuk mempersiapkan pertanyaan di mana Anda perlu mengingat kejadian dan tindakan adalah menyegarkan ingatan Anda.

Skim melalui resume Anda dan merenungkan beberapa situasi khusus yang telah Anda hadapi atau proyek yang telah Anda kerjakan. Anda dapat menggunakannya untuk membantu memberi respons pada frame. Siapkan cerita yang menggambarkan saat Anda berhasil memecahkan situasi yang sulit.
Contoh Jawaban Terbaik

    Keputusan yang harus saya buat dalam tim sulit, hanya karena keputusan ini membutuhkan lebih banyak waktu dan memerlukan komunikasi yang disengaja antara anggota tim. Sebagai contoh, saya sedang mengerjakan sebuah proyek tim, dan rekan-rekan saya dan saya harus membuat sejumlah pilihan tentang bagaimana menggunakan anggaran terbatas kami. Karena keputusan ini melibatkan percakapan kelompok, tim kami belajar berkomunikasi secara efektif satu sama lain, dan saya yakin akhirnya kami membuat keputusan terbaik untuk tim.
    
    Sebagai manajer, keputusan paling sulit yang saya lakukan melibatkan PHK. Sebelum membuat keputusan sulit tersebut, saya selalu memikirkan dengan seksama apa yang terbaik untuk bisnis dan karyawan saya. Sementara saya tidak suka membuat pilihan seperti itu, saya tidak menghindar dari pekerjaan saya ini. Beberapa tahun yang lalu, saya harus membiarkan beberapa karyawan pergi karena iklim ekonomi. Ini adalah keputusan sulit yang pada akhirnya penting demi kebaikan perusahaan dan semua orang yang bekerja untuk organisasi tersebut.
    
    Saya menemukan bahwa keputusan tersulit yang harus saya buat adalah ketika saya harus memilih antara anggota tim yang kuat untuk promosi. Ada saat-saat ketika, meskipun saya secara pribadi menyukai satu orang lebih baik daripada yang lain, saya tetap harus memilih orang lain berdasarkan potensi mereka untuk memikul tanggung jawab peran baru mereka. Terkadang saya juga harus mempromosikan karyawan yang lebih muda mengenai staf dengan senioritas, hanya karena mereka lebih ahli dalam penggunaan teknologi dan lebih bersedia bekerja lembur. Tidak pernah mudah, tapi akhirnya Anda harus memikirkan siapa yang paling efektif dan produktif di posisi baru.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya