Bagaimana Caranya Membuat Surat Resign yang Baik?



Setelah Anda memutuskan untuk beralih dari posisi Anda saat ini, hal profesional yang harus dilakukan adalah mengirimkan surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri Anda akan memudahkan transisi selama dua minggu ke depan di tempat kerja, dan juga akan membantu Anda menjaga hubungan positif dengan atasan Anda bahkan setelah Anda tidak lagi bekerja dengan perusahaan.
Cara Menulis Surat Pengunduran Diri

Saat menulis surat pengunduran diri, penting untuk membuatnya sesederhana, singkat, dan fokus mungkin.

Surat itu juga harus positif. Jika Anda telah membuat keputusan untuk melanjutkan, tidak ada gunanya mengkritik atasan atau pekerjaan Anda.

Surat pengunduran diri Anda harus mencakup informasi kapan Anda akan pergi. Anda juga bisa membiarkan atasan mengetahui bahwa Anda menghargai waktu Anda bersama perusahaan. Jika Anda tidak yakin harus menulis apa, tinjau contoh surat pengunduran diri untuk mendapatkan ide bagaimana menyusun dan memberi surat Anda.
Apa yang Harus Tercakup dalam Surat Pengunduran Diri Anda

    Fakta bahwa Anda akan pergi dan berkencan saat pengunduran diri Anda efektif.
    Terima kasih untuk majikan Anda atas peluang yang Anda miliki selama pekerjaan Anda.

Biasanya lebih baik mengundurkan diri secara langsung, lalu menindaklanjuti surat pengunduran diri secara formal. Namun, jika Anda perlu mengirim email pengunduran diri, tulislah secara profesional seperti surat pengunduran diri di atas kertas. Begini cara mengirim pesan pengunduran diri email.

Terlepas dari mengapa Anda mengundurkan diri atau bagaimana perasaan Anda tentang hal itu, jika Anda menyebutkan alasan Anda pergi, pastikan bahwa Anda tidak memasukkan sesuatu yang negatif atau meremehkan tentang perusahaan, atasan Anda, rekan kerja, atau bawahan Anda.

Surat ini akan disertakan dalam arsip pekerjaan Anda dan dapat dibagi dengan calon majikan masa depan; Oleh karena itu, harus profesional dan sopan.
Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Meskipun dalam beberapa keadaan, seperti langkah lintas negara atau keputusan untuk berfokus pada mengasuh anak, mungkin masuk akal untuk mengungkapkan alasan pengunduran diri Anda, dalam banyak kasus, membagikan rincian tentang mengapa Anda mengundurkan diri tidak diperlukan.

Secara umum, pastikan surat pengunduran diri Anda singkat dan tolong adalah menguntungkan. Meskipun tidak diperlukan, menawarkan bantuan selama periode transisi dan minggu berikut umumnya dihargai.

Untuk memastikan surat pengunduran diri Anda berisi semua rincian yang benar, dan tidak ada informasi yang salah, tinjau kembali tips menulis surat pengunduran diri ini sebelum Anda mengajukan pengunduran diri.
Pedoman untuk Menulis dan Memformat Surat Anda

Surat Pengunduran Diri Panjang: Jaga agar surat pengunduran diri Anda tetap singkat; Anda tidak ingin menulis halaman dan halaman tentang pekerjaan baru Anda atau mengapa Anda tidak menyukai pekerjaan Anda saat ini. Sebagian besar surat pengunduran diri tidak lebih dari satu halaman yang diketik.

Font dan Ukuran: Gunakan font tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font Anda harus antara 10 dan 12 poin.

Format: Surat pengunduran diri harus diberi spasi tunggal dengan spasi di antara masing-masing paragraf. Gunakan sekitar 1 "margin dan sejajarkan teks Anda ke kiri (alignment untuk sebagian besar dokumen bisnis).

Akurasi: Pastikan untuk mengedit surat pengunduran diri Anda sebelum mengirimnya. Tunjukkan surat pengunduran diri Anda kepada konselor karir atau mintalah seorang teman untuk memeriksanya jika Anda ingin orang lain memeriksanya untuk Anda.

Email atau Mail ?: Selalu yang terbaik untuk mengundurkan diri secara langsung, lalu tindak lanjuti dengan mengirimkan surat pengunduran diri.

Namun, jika keadaan tidak memungkinkan Anda untuk berbicara dengan manajer Anda secara pribadi dan Anda perlu memberi tahu mereka segera, Anda dapat mengirim email pengunduran diri. Email ini harus mengikuti panduan yang sama seperti surat pengunduran diri secara formal.
Cara Mengatur Surat Pengunduran Diri

Header: Surat pengunduran diri harus dimulai dengan informasi kontak dan nama majikan Anda (nama, judul, nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email) yang diikuti oleh tanggal. Jika ini adalah email dan bukan surat sebenarnya, sertakan informasi kontak Anda di akhir surat, setelah tanda tangan Anda.

Salam: Menangani surat pengunduran diri tersebut kepada manajer Anda. Gunakan gelar resminya ("Dear Mr./Mrs./Dr XYZ)

Ayat 1: Nyatakan bahwa Anda mengundurkan diri dan sertakan tanggal pengunduran diri Anda akan efektif. Periksa kontrak Anda untuk melihat berapa banyak pemberitahuan yang diminta untuk memberikan manajer Anda.

Ayat 2: (Opsional) Jika Anda mau, Anda bisa mengatakan mengapa Anda pergi (yaitu Anda memulai pekerjaan lain, Anda akan kembali ke sekolah, Anda akan beristirahat), tapi ini tidak perlu. Jika Anda memilih untuk mengatakan mengapa Anda pergi, bersikaplah positif - fokuslah ke tujuan Anda berikutnya, bukan pada apa yang Anda tidak suka dengan pekerjaan Anda saat ini.

Ayat 3: (Opsional) Kecuali Anda tahu Anda tidak akan benar-benar tidak hadir, katakanlah bahwa Anda bersedia membantu transisi yang akan menyebabkan kepergian Anda.

Ayat 5: (Opsional) Jika Anda menginginkan surat referensi dari manajer Anda, Anda dapat memintanya di sini.

Ayat 4: (Opsional) Terimalah manajer Anda untuk kesempatan bekerja bagi perusahaan. Jika Anda memiliki pengalaman yang sangat bagus, Anda bisa masuk ke detail lebih sedikit

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya