Tips Mencari Kerja Lewat Online



Sebelum mulai mencari pekerjaan secara online, pertama-tama Anda harus mempersiapkan diri untuk menyelesaikan aplikasi pekerjaan online. Ini memerlukan pengumpulan semua informasi yang perlu Anda terapkan.

Agar dapat melamar pekerjaan secara online dan menyelesaikan aplikasi pekerjaan secara online, Anda memerlukan akses Internet, alamat email yang digunakan untuk mencari pekerjaan, resume terbaru, surat lamaran untuk beberapa pekerjaan, riwayat pekerjaan Anda, dan ketersediaan Anda untuk bekerja jika Anda melamar pekerjaan paruh-waktu.

Sebagai tambahan, sebagai bagian dari proses aplikasi kerja, Anda mungkin perlu melakukan tes ketenagakerjaan online dan memberikan referensi pekerjaan.

Baca di bawah ini untuk tips tentang cara melamar pekerjaan secara online.

Persiapkan Resume Anda
Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan dan menyelesaikan aplikasi pekerjaan online, Anda memerlukan versi update resume Anda yang siap untuk diunggah. Anda mungkin juga memerlukan surat lamaran untuk melamar beberapa pekerjaan.

Pastikan resume Anda mencakup informasi kontak dan riwayat kerja Anda saat ini. Simpan resume Anda sebagai yournameresume.doc, bukan dengan nama file generik seperti "resume." Dengan cara ini, manajer perekrutan akan menghubungkan Anda dengan resume saat mereka memeriksanya. Begini cara memberi nama resume dan surat lamaran Anda.

Mintalah surat pengantar dasar agar Anda dapat menyesuaikan setiap pekerjaan yang Anda terapkan. Anda harus selalu menyertakan surat lamaran saat melamar pekerjaan, kecuali jika daftar pekerjaan secara khusus tidak.

Beberapa situs memungkinkan Anda mengunggah resume yang ada dari Microsoft Word di komputer Anda dengan satu klik tombol. Terkadang Anda akan diminta untuk mengonversi dokumen ke PDF atau jenis file lainnya. Di situs lain, Anda mungkin perlu menyalin dan menempelkan resume Anda ke profil online atau menggunakan pembangun resume yang disertakan ke dalam sistem aplikasi pekerjaan.

Kenali Riwayat Ketenagakerjaan Anda
Minta detail riwayat pekerjaan Anda siap. Sistem aplikasi online biasanya meminta informasi yang sama seperti aplikasi pekerjaan kertas, termasuk informasi kontak, latar belakang pendidikan, dan riwayat pekerjaan termasuk judul pekerjaan, tanggal mulai dan akhir kerja, dan gaji untuk setiap posisi.

Anda mungkin memerlukan alamat lengkap dari atasan Anda sebelumnya, bersama dengan nomor telepon perusahaan dan nama atasan Anda.

Tinjau Contoh Formulir Aplikasi Pekerjaan
Download contoh formulir aplikasi kerja dan lengkapi sebelum Anda memulai aplikasi online Anda. Cetak dan isilah sehingga Anda tahu persis informasi apa yang perlu dimasukkan saat Anda melamar pekerjaan secara online.

Gunakan contoh aplikasi pekerjaan lengkap sebagai panduan saat Anda menyelesaikan aplikasi pekerjaan Anda sendiri.

Juga tinjau daftar pertanyaan yang diajukan pada aplikasi pekerjaan ini untuk mempersiapkan mengisi aplikasi.

Buat Akun di Situs PekerjaanBeberapa papan pekerjaan dan situs web perusahaan mengharuskan pengguna membuat akun saat mereka melamar pekerjaan. Sebaiknya Anda memulai pencarian kerja online dengan membuat akun di setidaknya satu dari papan pekerjaan utama termasuk Monster, CareerBuilder, dan Dice untuk pekerjaan teknologi. Jika Anda mencari posisi profesional, penting juga untuk membuat profil di LinkedIn.

Untuk membuat akun, Anda harus mendaftar dengan alamat email saat ini sehingga akun Anda dapat dikonfirmasi. Nama pengguna Anda akan berupa alamat email atau nama yang Anda pilih. Anda dapat memilih kata sandi untuk akun Anda.

Beberapa situs memungkinkan pencari kerja untuk mendaftar dengan informasi Facebook atau LinkedIn mereka. Di situs tersebut, Anda dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi Facebook atau LinkedIn Anda untuk mengakses situs ini. Anda mungkin juga dapat mengimpor riwayat pekerjaan Anda dari situs yang Anda gunakan untuk terhubung.

Kata Kunci Pencarian Pekerjaan
Ketika Anda mencari pekerjaan secara online, cara yang paling efektif untuk mencari adalah dengan menggunakan kata kunci pekerjaan untuk mencari pekerjaan di bidang karir dan industri yang Anda minati.

Kata kunci bisa lebih efektif daripada menggunakan pilihan pencarian yang telah ditentukan di bank pekerjaan, karena mereka mencari keseluruhan daftar (deskripsi pekerjaan, jabatan, informasi kontak, dll.) Untuk kata kunci yang Anda gunakan.

Buat daftar kata kunci pencarian pekerjaan yang mencerminkan kepentingan pekerjaan Anda, termasuk lokasi di mana Anda ingin bekerja, jenis posisi, industri, dan lain-lain. Juga tinjau kembali daftar keterampilan untuk resume ini, sehingga Anda dapat menyesuaikan keahlian Anda dengan persyaratan pekerjaan.


Mencari Pekerjaan Online
Selain menggunakan papan pekerjaan (yang memposting pekerjaan yang diserahkan oleh atasan), menggunakan mesin pencari kerja bisa menghemat banyak waktu kerja online. Bila Anda menggunakan mesin pencari pekerjaan, Anda dapat mencari pekerjaan yang ditemukan di berbagai papan pekerjaan dan situs web perusahaan.

Misalnya, mesin pencari kerja LinkUp mencari pekerjaan hanya di situs perusahaan, jadi semua daftar yang Anda dapatkan akan menjadi bukaan saat ini. Indeed.com mencari pekerjaan di papan pekerjaan, surat kabar

Terapkan untuk Pekerjaan di Situs Perusahaan
Situs web perusahaan adalah sumber pekerjaan yang baik, terutama jika Anda tahu perusahaan mana yang Anda minati. Anda bisa langsung menuju ke situs dan mencari dan melamar pekerjaan secara online langsung di banyak website perusahaan. Di sebagian besar situs perusahaan, Anda dapat mengajukan permohonan untuk semua posisi tingkat online - mulai dari pekerjaan paruh waktu paruh waktu sampai posisi manajemen puncak.

Terapkan langsung di situs perusahaan bila memungkinkan, bahkan jika Anda menemukan daftar di tempat lain. Aplikasi Anda akan langsung masuk ke sistem pelacakan pemohon perusahaan dan Anda dapat memantau perkembangannya.

Kapan Anda Harus Bekerja?
Terutama saat melamar pekerjaan paruh-waktu, Anda mungkin ditanya hari dan jam kerja apa yang tersedia untuk Anda kerjakan. Kenali jadwal dan ketersediaan Anda sebelum Anda mendaftar.

Jika Anda fleksibel dengan jadwal Anda, pastikan untuk menekankan hal ini dalam aplikasi pekerjaan Anda (dan kemudian dalam wawancara Anda). Majikan menghargai calon pekerjaan yang bersedia bekerja dengan fleksibel dan shift kerja yang mungkin tidak diinginkan orang lain (seperti shift malam, malam, atau akhir pekan).

Petunjuk Aplikasi Pekerjaan
Penting untuk mengikuti semua instruksi saat melamar pekerjaan secara online. Anda mungkin perlu mengisi profil, mengunggah resume dan surat lamaran, dan / atau mengikuti tes ketenagakerjaan sebagai bagian dari proses aplikasi online.

Terlepas dari bagaimana Anda melamar, penting untuk mengikuti instruksi aplikasi perusahaan, untuk mengirimkan semua materi yang dibutuhkan, dan dengan hati-hati mengoreksi aplikasi Anda sebelum Anda mengklik tombol "Kirim".

Lacak akun situs kerja yang Anda buat sehingga Anda dapat melacak aplikasi Anda, mengajukan lebih banyak pekerjaan, dan terus memperbarui resume Anda. Berikut adalah cara terbaik untuk mengatur pencarian pekerjaan Anda.

Menggunakan Email
Selain melamar pekerjaan langsung online, Anda mungkin juga perlu mendaftar via email.

Beberapa pengusaha, terutama perusahaan yang lebih kecil, tidak memiliki sistem untuk menangani aplikasi pekerjaan online. Ada cara yang benar - dan cara yang salah - untuk mengirim surat lamaran dan surat lamaran Anda.

Satu hal penting yang harus dilakukan di awal proses pencarian pekerjaan adalah dengan membuat akun email profesional untuk pencarian pekerjaan Anda. Hindari alamat email yang tidak profesional seperti partyperson@email.com. Menempel alamat yang hanya menyertakan nama dan beberapa nomor Anda.

Berikut informasi tentang cara melamar pekerjaan melalui email, termasuk cara melampirkan resume dan dokumen lainnya, apa yang harus disertakan dalam pesan email Anda, apa yang harus dimasukkan ke dalam baris subjek, dan informasi apa yang perlu disertakan dalam tanda tangan email Anda.

Tes Ketenagakerjaan
Seiring dengan mengisi aplikasi pekerjaan secara online, Anda mungkin juga diminta untuk mengikuti tes ketenagakerjaan. Beberapa tes, disebut penilaian bakat, menilai kemampuan Anda atau bahkan kepribadian Anda untuk melihat apakah Anda cocok untuk pekerjaan dan perusahaan. Terkadang Anda diberitahu segera setelah mengikuti tes apakah Anda melanjutkan ke putaran berikutnya dari proses perekrutan atau tidak. Yang lain membutuhkan lebih banyak waktu.

Ada banyak jenis tes pra-kerja lainnya, termasuk tes kognitif dan tes kecerdasan emosional (EI). Baca di sini untuk informasi lebih lanjut tentang jenis tes yang mungkin Anda minta diambil secara online, dan bagaimana cara menanganinya.

Tindak Lanjut Aplikasi Kerja Online
Jika Anda memiliki kontak di perusahaan, mereka mungkin bisa membantu mendapatkan aplikasi pekerjaan Anda yang diperhatikan oleh manajer perekrutan.

Setelah mengirimkan lamaran Anda, cek LinkedIn untuk kontak yang mungkin Anda miliki di perusahaan. Jika Anda memiliki kontak, mintalah rujukan atau perkenalan, jika ada kontak yang tercantum dalam lowongan pekerjaan. Jika tidak ada contact person yang terdaftar, tanyakan apakah kenalan Anda tahu siapa yang ada di komite perekrutan, dan mintalah pengantar.

Jika Anda lulusan perguruan tinggi, tanyakan kepada kantor karir Anda untuk mengetahui apakah mereka dapat memberi Anda kontak alumni di perusahaan.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya