Tips Membaca Ulang Resume Anda



Dengan begitu banyak pencari kerja melamar pekerjaan saat ini, pengusaha bisa sangat pilih-pilih selama proses perekrutan. Kesalahan ketik yang paling kecil pada resume, surat lamaran, atau materi aplikasi lainnya dapat mencegah Anda melakukan wawancara.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengoreksi semua materi aplikasi Anda sebelum mengirimnya ke majikan. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda mengoreksi secara menyeluruh.

8 Tip untuk Menguji Bahan Anda Untuk Berjuang Dalam Mencari Kerja

1. Jangan Menggunakan Trust Spellcheck
Sementara spellcheck dapat membantu Anda menemukan kesalahan ketik yang jelas, ini merindukan sejumlah kesalahan umum.

Misalnya, spellcheck tidak memperhatikan jika Anda menulis "Anda" dan bukan "Anda" - salah satu kesalahan resume dan surat lamaran yang paling umum. Karena itu, pastikan untuk benar-benar mengedit setiap dokumen sendiri.

2. Ambil Istirahat
Jangan edit resume, surat lamaran, atau langsung anda koreksi segera setelah menuliskannya. Luangkan waktu jauh dari dokumen; ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit dengan set segar mata. Sementara istirahat 24 jam sangat ideal, Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu jika Anda menghadapi tenggat waktu. Bahkan mengambil beberapa jam dari dokumen sebelum mengeditnya akan membantu.

3. Cetaklah
Proofread salinan cetak resume Anda, surat lamaran, dll, daripada melihat dokumen Anda di layar komputer. Anda mungkin pernah melihat dokumen itu di layar komputer untuk waktu yang lama, dan versi cetak akan membantu Anda melihat dokumen itu dengan satu set mata yang segar. Mencetak itu juga akan membantu Anda melihat dokumen sebagai perekrut akan melihatnya. Dengan cara ini, Anda dapat melihat dan memperbaiki jeda halaman yang canggung.

4. Baca Secara Keras (dan Mundur!)
Bacalah dokumen Anda dengan suara keras saat mengoreksi. Ini akan memaksa Anda untuk melambat saat Anda membaca, dan mengatasi kesalahan apa pun. Banyak editor juga merekomendasikan untuk membaca ke belakang (edit kalimat terakhir terlebih dahulu, lalu yang kedua hingga terakhir, dll.). Hal ini tidak hanya akan memperlambat pembacaan Anda, tapi juga akan memecah arus logis dokumen, memungkinkan Anda untuk berfokus pada ejaan dan tata bahasa. Sementara Anda membacakan dengan suara keras, Anda juga bisa mengikuti dengan jari Anda. Ini akan membantu Anda fokus pada setiap kata.

5. Persempit Kriteria Editing Anda
Ini bisa sulit untuk mengedit untuk kedua tata bahasa dan ejaan pada saat yang sama. Untuk pengeditan yang lebih menyeluruh, cukup edit satu jenis kesalahan sekaligus. Misalnya, lakukan satu proofread untuk ejaan, satu untuk tanda baca, satu untuk kata kerja, satu untuk format, satu untuk informasi faktual, dll. Meskipun ini mungkin memerlukan sedikit waktu lagi, ini akan membantu Anda menangkap setiap jenis kesalahan.

6. Periksa Konsistensi

Banyak orang hanya mencari kesalahan ejaan dan tata bahasa saat mengedit, namun Anda juga harus memastikan tata letak Anda konsisten.

Pertama, pastikan ukuran dan gaya font Anda sama di seluruh keseluruhan dokumen - jika Anda memotong dan menyisipkan kalimat, Anda mungkin memiliki font yang berbeda dalam dokumen yang sama, yang terlihat berantakan. Tentu saja, dalam resume, ukuran font Anda mungkin berbeda berdasarkan apakah Anda menulis judul atau bullet. Itu bagus, tapi pastikan Anda konsisten - semua tajuk utama Anda harus sama dengan font dan ukurannya, seperti seharusnya semua butir peluru Anda. Dalam resume Anda, pastikan juga tata bahasa Anda konsisten. Misalnya, jika Anda memanfaatkan semua kata dalam satu judul, pastikan Anda melakukan hal yang sama untuk tajuk utama lainnya. Jika Anda menggunakan kalimat lengkap dalam satu butir peluru, lakukan hal yang sama untuk semua butir peluru lainnya.

7. Informasi Pribadi Proofread (untuk anda dan Bos anda)
Banyak orang hanya membaca informasi pribadi mereka (nama, alamat, alamat email, dll.). Namun, kesalahan dalam informasi ini dapat mencegah atasan agar tidak dapat menghubungi Anda. Karena itu cek informasi ini dengan saksama.

Juga pastikan untuk mengoreksi informasi yang Anda sertakan tentang perusahaan tempat Anda mendaftar. Pastikan Anda mengeja nama majikan dan nama perusahaan dengan benar, dan alamat Anda benar. Juga, pastikan Anda mengatakan nama perusahaan yang benar! Jika Anda menyalin dan menempelkan nama perusahaan ke dalam surat lamaran, misalnya Anda berisiko menyisipkan nama yang salah. Tinjau panduan ini untuk apa yang harus disertakan dalam resume Anda sehingga Anda yakin memiliki semua informasi yang Anda butuhkan di buku Anda.

8. Mintalah seorang teman untuk melakukan Proofread
Orang yang kurang akrab dengan dokumen sering bisa melihat kesalahan lebih jelas. Mintalah seorang teman (atau lebih baik lagi, beberapa teman) untuk mengedit dokumen Anda untuk Anda. Dorong mereka untuk mengikuti tip berikut yang tercantum di atas untuk pekerjaan pengeditan yang lebih menyeluruh.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya