Menjawab Pertanyaan; Bagaimana Anda Menghadapi Tekanan dan Stres?





Salah satu pertanyaan wawancara yang umum adalah "Bagaimana Anda menangani stres?" Pewawancara tidak ingin mendengar bahwa Anda tidak pernah stres; Lagi pula, semua orang merasa stres pada suatu waktu atau di tempat lain. Sebagai gantinya, atasan ingin melihat apakah Anda tahu bagaimana tekanan mempengaruhi Anda, dan bagaimana Anda mengelolanya.

Untuk menjawab pertanyaan ini dengan sukses, Anda ingin memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda telah menangani stres dengan baik di masa lalu.

Anda mungkin juga memberikan contoh kapan tekanan benar-benar membuat Anda menjadi karyawan yang lebih produktif.

Bagaimana Menjawab Pertanyaannya


Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah memberi contoh bagaimana Anda telah mengatasi stres pada pekerjaan sebelumnya. Dengan cara itu, pewawancara bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa baik Anda bekerja dalam situasi yang penuh tekanan.

Hindari menyebutkan saat Anda menempatkan diri Anda dalam situasi yang tidak perlu stres. Misalnya, jangan berbagi cerita tentang saat Anda stres karena Anda menunda-nunda dan harus menyelesaikan proyek dengan cepat. Fokus pada saat Anda diberi tugas yang sulit atau banyak tugas, dan Anda akan hadir dalam acara tersebut.

Anda juga seharusnya tidak terlalu fokus pada bagaimana stres yang Anda rasakan. Meskipun Anda pasti harus mengakui bahwa stres terjadi, tekankan bagaimana Anda menghadapi stres, dan bukan bagaimana hal itu mengganggu Anda.

Jika memungkinkan, hindari mengatakan bahwa Anda stres oleh situasi yang akan umum terjadi pada pekerjaan yang Anda lamar.

Misalnya, jika Anda mengatakan bahwa Anda merasa stres saat diberi banyak proyek, dan Anda tahu pekerjaan itu mengharuskan Anda menyulap banyak tugas sekaligus, Anda akan terlihat tidak pantas untuk posisi itu.

Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menyebutkan bagaimana sedikit tekanan dapat menjadi motivator yang membantu Anda. Anda bisa memberi contoh saat stres sebuah proyek yang sulit membantu Anda menjadi pekerja yang lebih kreatif dan produktif.

Contoh Jawaban

    Tekanan sangat penting bagi saya. Tekanan yang baik, seperti memiliki banyak tugas untuk dikerjakan, atau tenggat waktu yang akan datang, membantu saya tetap termotivasi dan produktif. Tentu saja, ada kalanya tekanan terlalu banyak dapat menyebabkan stres; Namun, saya sangat ahli dalam menyeimbangkan beberapa proyek dan memenuhi tenggat waktu, yang membuat saya sering merasa stres. Sebagai contoh, saya pernah memiliki tiga proyek besar karena pada minggu yang sama, yang banyak mendapat tekanan. Namun, karena saya membuat jadwal yang merinci bagaimana saya akan menghancurkan setiap proyek menjadi tugas kecil, saya menyelesaikan ketiga proyek sebelumnya dan menghindari stres yang tidak perlu.
    
    Saya bereaksi terhadap situasi, bukan stres. Dengan begitu, situasi ditangani dan tidak menjadi stres. Misalnya, ketika saya berurusan dengan pelanggan yang tidak puas, daripada merasa stres, saya fokus pada tugas yang ada. Saya percaya kemampuan saya untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan selama saat-saat ini membantu mengurangi tekanan saya sendiri dalam situasi ini dan juga mengurangi stres yang mungkin dirasakan pelanggan.
    
    Saya benar-benar bekerja lebih baik di bawah tekanan dan saya telah menemukan bahwa saya senang bekerja di lingkungan yang penuh tantangan. Sebagai penulis dan editor, saya berkembang dengan cepat dalam tenggat waktu dan banyak proyek. Saya menemukan bahwa ketika saya berada di bawah tekanan tenggat waktu, saya dapat melakukan sebagian dari karya saya yang paling kreatif.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya