Menjawab Pertanyaan; Apasih Kelebihanmu?



Oleh Alison Doyle, thebalance.com

"Apa kekuatan terbesarmu?" Mungkin tampak seperti salah satu pertanyaan wawancara pekerjaan yang lebih mudah yang akan Anda tanyakan, tapi ini juga salah satu yang paling penting. Pewawancara ingin mengetahui apakah kekuatan Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kualifikasi untuk pekerjaan yang Anda lamar. Mengajukan pertanyaan ini membantu atasan memutuskan apakah Anda pemohon yang paling kuat untuk posisi tersebut atau tidak.

Ketika Anda ditanyai tentang kekuatan Anda, penting untuk mendiskusikan atribut yang akan memenuhi syarat Anda untuk pekerjaan tertentu dan membedakan Anda dari kandidat lainnya. Penting juga untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memiliki kualitas yang dicari majikan di pemohon yang akan mereka sewa.

Bagaimana seharusnya Anda menjawab pertanyaan tentang kekuatan Anda? Cara terbaik untuk menanggapi adalah dengan menggambarkan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki yang berkorelasi langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Bersiaplah untuk menjawab dengan membuat daftar kualifikasi yang disebutkan dalam lowongan kerja.

Kemudian, buat daftar keahlian Anda yang sesuai dengan yang tercantum. Daftar ini bisa mencakup pendidikan atau pelatihan, soft skill, hard skill, atau pengalaman kerja masa lalu. Persempit daftar ketrampilan Anda sampai ketiganya sangat kuat.

Di samping masing-masing keterampilan, perhatikan contoh bagaimana Anda telah menggunakan kekuatan itu di masa lalu.

Ini akan mempersiapkan Anda untuk saat majikan meminta Anda untuk menguraikan kekuatan tertentu. Saat Anda menjawab, Anda akan berbagi kekuatan yang sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan. Juga menggabungkan kata-kata kekuatan yang membantu memberi kesan baik ke dalam tanggapan Anda.

Semakin dekat Anda dengan kualifikasi pekerjaan yang dinyatakan, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan tawaran pekerjaan.
Contoh Jawaban Terbaik

Tinjaulah contoh jawaban ini, dan sesuaikan tanggapan Anda dengan kredensial Anda dan persyaratan pekerjaan dari jabatan tersebut.

Saya memiliki etos kerja yang sangat kuat. Saat mengerjakan sebuah proyek, saya tidak ingin hanya memenuhi tenggat waktu. Sebaliknya, saya lebih memilih untuk menyelesaikan proyek jauh di atas jadwal. Tahun lalu, saya bahkan mendapat bonus untuk menyelesaikan tiga laporan terbaru saya satu minggu sebelumnya.


Saya memiliki kemampuan menulis yang sangat kuat. Setelah bekerja sebagai editor fotokopi selama lima tahun, saya memiliki perhatian yang kuat terhadap detail ketika sampai pada tulisan saya. Saya juga telah menulis untuk berbagai publikasi, jadi saya tahu bagaimana membentuk gaya tulisan saya agar sesuai dengan tugas dan audiensi. Sebagai asisten pemasaran, saya akan dapat secara efektif menulis dan mengedit siaran pers dan memperbarui konten web dengan akurasi dan kemudahan.

Saya seorang salesman terampil dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun. Saya telah melampaui target penjualan setiap kuartal dan saya telah mendapatkan bonus setiap tahun sejak saya mulai dengan atasan saya saat ini.

Saya bangga dengan kemampuan layanan pelanggan dan kemampuan saya untuk menyelesaikan situasi sulit. Dengan pengalaman lima tahun sebagai associate layanan pelanggan, saya telah belajar untuk secara efektif memahami dan mengatasi masalah pelanggan. Pada catatan terkait, saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, yang membantu saya bekerja dengan baik dengan pelanggan, anggota tim, dan eksekutif. Saya dikenal sebagai anggota tim yang efektif dengan bakat untuk memberikan presentasi.


Jawaban yang Harus Dihindari !!!

Ini bukan waktunya untuk rendah hati. Meskipun Anda tidak ingin membesar-besarkan kekuatan Anda, Anda harus merasa nyaman untuk mengartikulasikan apa yang membuat Anda calon ideal. Membuat daftar kekuatan Anda (karena berhubungan dengan pekerjaan) akan membantu menjawab pertanyaan ini dengan percaya diri.
Di sisi lain, Anda tidak ingin menjawab pertanyaan ini dengan daftar cucian kekuatan samar-samar. Tetap fokus pada beberapa kekuatan kunci yang berhubungan langsung dengan posisi dan perusahaan. Jawaban yang terfokus dan relevan dengan satu atau dua contoh akan mengesankan pewawancara Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya