5 Langkah Mudah Menulis Surat Lamaran Menarik



Apakah Anda perlu menulis surat lamaran untuk pekerjaan? Dengan mengikuti kelima langkah mudah ini, Anda akan menemukan jalan menuju surat lamaran yang sukses itu sederhana. Dengan mengambil satu langkah pada satu waktu, Anda dapat memastikan bahwa surat lamaran Anda akan dirancang, ditulis dan dikirim tanpa banyak tekanan - dan dengan kesempatan sukses yang baik.

Berikut adalah lima langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat sebuah surat lamaran pemenang.

Cari Nama Karyawan Tertentu
Sisir melalui situs media sosial untuk mencari nama kontak di perusahaan. Melalui Facebook, LinkedIn, Twitter, dan bahkan Instagram, Anda mungkin bisa menemukan nama karyawan yang relevan dengan siapa Anda bisa menghubungi surat lamaran Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan pencarian lanjutan Twitter untuk menemukan nama, dan jika perusahaan memiliki profil di LinkedIn, Anda dapat melihat karyawannya dari sana. Jangan hanya memilih individu acak, tapi jika bisa, cari seseorang di Sumber Daya Manusia - sebaiknya Direktur atau Manajer - atau yang lebih tinggi di departemen yang Anda lamar. Ini adalah cara utama untuk memulai aplikasi Anda dan memastikannya sampai ke tujuan yang harus ditempuh.

Kiat: Jika Anda mengalami kesenangan mengintai di LinkedIn, atur setelan privasi Anda sehingga orang lain tidak dapat melihat Anda telah melihat profil mereka. Saat terhubung dengan perusahaan di LinkedIn bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan visibilitas Anda, mungkin Anda tidak memerlukannya untuk melihat bahwa Anda telah mengeklik seluruh staf mereka di LinkedIn.

Tip: Jika Anda mengenal seseorang di perusahaan yang dapat merujuk pekerjaan itu, sebutkan di paragraf pertama surat lamaran Anda.

Tip: Jika Anda tidak dapat menemukan nama seseorang, inilah cara menangani surat lamaran Anda.

Menganalisis Daftar PekerjaanBerikan daftar pekerjaan membaca dengan saksama dan lihat di mana pengalaman Anda paling sesuai. Diskriminatif mengenai persyaratan perusahaan mana yang Anda pilih untuk ditonjolkan, karena Anda akan menggunakan pilihan ini untuk membuat tabel di surat lamaran Anda. Ingat bahwa ketika semua dikatakan dan dilakukan, surat lamaran Anda seharusnya hanya satu halaman. Poin yang Anda pilih haruslah yang paling penting untuk posisi tersebut, tapi juga topik yang memberikan contoh spesifik dan anekdot yang menarik tentang pengalaman Anda. Bertujuan untuk setengah dari persyaratan perusahaan, namun tetap di bawah lima atau enam total. Berikut adalah cara mencocokkan kualifikasi dengan daftar pekerjaan.

Tips: Saat Anda menyalin dan menempel dari daftar pekerjaan ke pengolah kata Anda, koreksi daftar kesalahan ketik yang mungkin ada dalam daftar. Orang yang memberi aplikasi Anda membaca pertama mungkin tidak akan tahu - atau peduli - bahwa kesalahan itu bukan salah Anda.



Buat Tabel
Gunakan Microsoft Word atau pengolah kata yang serupa untuk membuat tabel Anda.Selanjutnya, buatlah tabel dua kolom dengan persyaratan perusahaan di sisi kiri, dan atribut pencocokan Anda di sisi kanan. Saat Anda membuat tabel, Anda harus membuatnya menjadi dua kolom. Kemudian, ambillah jumlah persyaratan yang Anda pilih dan tambahkan satu untuk header. Jadi, untuk contoh ini, yang fokus pada lima poin, tabelnya adalah dua kolom dengan enam baris.

Tip: Jika Anda memerlukan sesuatu untuk membawa memori Anda ke sisi kanan meja, lihat apakah Anda dapat menemukan salinan deskripsi pekerjaan untuk posisi Anda saat ini atau masa lalu, yang akan memberi Anda petunjuk bagus tentang cara mengucapkan tanggung jawab masa lalu Anda. dan atribut profesional dan pribadi Anda.

Tip: Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat tabel, Anda dapat menyertakan kualifikasi Anda dalam bentuk paragraf.

Format Surat Sampul Anda
Anda bisa memasukkan format tabel dengan benar di surat lamaran Anda. Sekarang setelah Anda membuat meja Anda, Anda harus menyalin dan menempelkannya ke dalam tubuh surat lamaran Anda. Ini sering disebut "T" bentuk format surat lamaran. Meja harus masuk di antara paragraf pengantar Anda, dan sebelum penutupan Anda. Ini adalah tampilan yang bagus untuk memformat meja dengan batas tak terlihat, meski tidak mutlak diperlukan. Untuk mencapai hal ini di Microsoft Word, klik kanan pada tabel, pilih Borders and Shading, lalu klik "None" di sisi kiri jendela kecil yang muncul. Tinjau contoh untuk melihat seperti apakah surat lamaran selesai.

Tip Top: Anda harus menyimpan surat lamaran Anda sebagai file PDF sehingga dokumen mempertahankan format yang benar saat dibuka dan dilihat.

Selesai dan tutup surat lamaran dengan janji "langkah selanjutnya." Dengan cara itu, sekalipun aplikasi Anda hilang di dasar tumpukan, saat Anda menghubungi calon majikan mereka akan diingatkan untuk mengambil kembali surat lamaran dan resume Anda dan melihat lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pengunduran Diri Melalui Email dan Contoh Formatnya

Menjawab Pertanyaan; Apa Keputusan Tersulit Yang Pernah Anda Lakukan?

Resign Karena Menikah? Berikut Contoh Format Surat Pengunduran Dirinya